Biografi John Steinbeck

Berikut ini adalah biografi John Steinbeck :

Masa kanak-kanak 
John Steinbeck mempunyai nama lengkap John Ernst Steinbeck Jr. Ia lahir di Salinas, California pada tanggal 27 Pebruari 1902. Ayahnya bernama John Ernst Steinbeck Sr., seorang bendaharawan yang berasal dari St, Augustine, Florida dan ibunya bernama Olive Hamilton, seorang guru yang berasal dari Irlandia. Steinbeck merupakan anak kedua dari empat bersaudara dan dia adalah anak laki-laki satu-satunya. Steinbeck kecil tumbuh di lingkungan keluarga berada bersama ketiga saudara perempuannya, yang memiliki hubungan hangat antara satu dengan yang lain. Mereka saling membantu dan saling memberi dukungan dalam segala hal. Ia adalah anak yang pemalu tetapi pintar. Bahkan, ia telah membuat keputusan untuk menjadi seorang pengarang ketika masih berumur 14 tahun dan sering menghabiskan waktunya mengunci diri di kamar untuk menulis puisi dan prosa. Masa kanak-kanak ia habiskan di Salinas Valley, sebuah tempat yang indah, lembah subur yang menyajikan kehijauan dan keindahan alamnya. Hal ini yang mengilhami Steinbeck kecil memahami dan merasakan suasana di sekitarnya untuk dituangkan dalam pengembangan alam imajinasinya. Bakatnya menulis ia peroleh dari ibunya yang selalu mendorongnya untuk banyak membaca buku dan memperkenalkannya tentang sastra. Tetapi yang paling banyak mempengaruhi Steinbeck untuk menjadi pengarang adalah buku-buku yang dibacanya yaitu 'Morte d'Artur' dan Bibel versi King James.

Masa remaja
Steinbeck muda bersekolah di Salinas High School dan lulus pada tahun 1919. Semasa sekolah, ia sering menulis artikel untuk surat kabar sekolah, dan pada waktu liburan ia manfaatkan untuk bekerja sebagai pekerja di bangunan, perkebunan, dan di laboratorium pabrik gula. Setelah lulus, ia melanjutkan kuliah di Stanford University. Disini ia mengambil beberapa mata kuliah, tetapi yang paling diminati Steinbeck adalah bidang Biota Laut. Selama 6 tahun di Stanford, Steinbeck sering tidak mengikuti kuliah karena menyibukkan diri sebagai penulis dan juga bekerja di pabrik, pertanian dan peternakan. Baginya kuliah hanyalah untuk menyenangkan hati  orangtuanya saja sehingga ia hanya setengah hati menjalani. Akhirnya pada tahun 1925 ia meninggalkan bangku kuliahnya untuk menekuni dunia mengarang, ia pun keluar dari Stanford University tanpa gelar sarjana.

Awal karir
Setelah keluar dari Stanford University, Steinbeck pergi ke New York untuk mendalami menulis. Ia bekerja di konstruksi bangunan (salah satunya bangunan Madison Square Garden) dan sebagai reporter di surat kabar New York American . Walaupun Steinbeck memutuskan untuk tinggal di New York sebagai seorang penulis, tetapi hatinya tetap tertuju pada tanah kelahirannya. Akhirnya ia kembali ke California, tempat yang telah ia pahami dan orang-orang yang telah memahami dirinya. Di California ia bekerja sebagai seorang penjaga perkebunan pribadi milik seorang kaya-raya di Lake Tahoe, Emerald Bay, pegunungan Sierra. Disinilah Steinbeck mulai menulis karya-karyanya.

Karya-karyanya
Novel pertamanya berjudul Cup of Gold yang ditulis pada tahun 1929. Novel bertemakan roman sejarah ini mengisahkan seorang Hanry Morgan yang berlayar mengarungi lautan dan menjadi seorang perompak. Buku ini terjual cukup banyak dan pada tahun yang sama ia menikah dengan Carol Henning. Cup of Gold diikuti oleh dua karyanya yaitu The Pastures of Heaven dan To A God Unknown. Kemudian diikuti lagi oleh novel Tortilla Flat yang cukup sukses dan meraih penghargaan lokal. Karya Steinbeck berikutnya adalah In Dubious Battle dan The Grapes of Wrath yang menjadi masterpis dari semua karyanya. Novel ini memenangkan penghargaan Pulitzer Prize pada tahun 1940 sebagai novel terbaik. Tahun 1937 ia menulis Of Mice and Man dan tahun 1941 Sea of Cortez.
Pada tahun 1942 ia bercerai dengan istrinya, kemudian menulis Bombs Away dan The Moon is Dawn. Setahun kemudian ia menikah lagi dan mempunyai dua orang anak laki-laki bernama Tom dan John. Karya Steinbeck selanjutnya adalah Cannery Row (1945), The Pearl (1947)dan Wayward Bus (1947). Pada tahun 1950 ia menulis Burning Bright, East of Eden (1952), dan Sweet Thursday (1954). Tahun-tahun selanjutnya Steinbeck menulis dalam bidang militer Amerika.
Pada tahun 1962 Steinbeck mendapat penghargaan Nobel bidang sastra. Ironisnya, setelah memperoleh penghargaan tertinggi tersebut, Steinbeck tidak lagi menghasilkan karya-karya baru. Penghargaan itu seolah-olah telah menghapus kreatifitasnya dalam menulis. John Steinbeck meninggal pada tanggal 20 Desember 1968 di apartemennya di New York City dan dimakamkan di Salinas, California, tanah kelahirannya.

References:
Hillegas, C.K. 1966. Cliffs Notes on Steinbeck's The Pearl. U.S.A.: Cliffs Notes Inc.:
Lisca, Peter. 1958. The Wide World of John Steinbeck. New Jersey: Rutgers University Press.
Unger, Leonard. 1972. American Writers: A Collection of Literary Biographies. U.S.A: Collier                     Macmillan Canada, Inc.
Young, Margaret. 1983. John Steinbeck The Pearl. Hong Kong: Longman York Press.
______. 1973. Steinbeck. Washington, D.C.: English Teaching Division, Information Center Service, US           Information Agency.

Tidak ada komentar: